Sunday, June 5, 2016

7 Sunah - sunah pada bulan ramadhan



Sebentar lagi kita akan berjumpa dengan bulan ramadhan, bulan yang dimana dijanjikan dosa-dosa hamba Allah swt akan di hapuskan dan akan kembali menjadi seperti bayi yang baru di lahir kan, tidak ada dosa atau bersih dari dosa-dosa pada saat hari kemenangan (idul fitri) baiklah di sini saya akan berbagi artikel tentang sunah - sunah yang baik untuk kita lakukan pada saat bulan ramadhan. silakan anda simak artikel nya.

       1. Melaksanakan Sahur

          melaksanakan sahur itu sunah yang di anjurkan rasullah saw, karna di dalam makanan sahur yang kita makan mengandung banyak keberkahan
                                                                                                                         تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

“Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan.” (HR. Bukhari No. 1923, Muslim No. 1095)


       2. Menyegerakan berbuka
         
            jika telah tiba waktu berbuka, segeralah berbuka karna itu bisa mengembalikan stamina kita yang terkuras selama puasa.
                                                                                               لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوْا الْفِطْرَ – رواه الشيخان

“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

      3. Memberikan makan orang berpuasa

          jika anda tidak mampu berpuasa, maka berilah makan orang yang berpuasa karna pahalanya sama dengan pahala orang yang berpuasa.
                                               مَنْ فَطَرَ صَائِمًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ وَلَا يَنْقُصُ مِنْ اَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ – صحيح النسائى و الترمذى  

      “Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (Shohih Nasa’i dan Tirmidzi)

     4. Membaca Al-quran

          ayat al-quran pertama kali di turun kan pada bulan ramadhan yaitu 17 ramadhan. maka tidak heran kenapa umat islam di sunahkan menghatamkan bacaan al-quran nya pada saat bulan ramadhan.

imam az-zuhri berkata : "apabila datang bulan ramadhan maka kegiatan utama kita selain berpuasa ialah membaca al-quran. baca lah dengan tajwid yang baik dan tadaburi, pahami dan amalkan isinya. insya allah kita akan menjadi insan yang berkah.

     5. Shalat tarawih

         ibadah sunah yang paling khas pada saat bulan ramadhan ialah shalat tarawih. dan yang paling penting di ingat bahwa tarawih bisa di lakukan di rumah sekalipun.

rasullulah saw pernah merasa khawatir bahwa shalat tarawih akan menjadi wajib karna tiap hari makin banyak umatnya yang melaksanakan shalat tarawih. maka rasullulah saw melaksanakan shalat tarawih di rumah.

     6. I'tikaf

         i'tikaf merupakan amaliyah yang selalu di lakukan baginda rasullulah saw. i'tikaf ialah berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada allah swt. abu sa'id al-khudri meriwayatkan bahwa rasullulah saw. pernah beri'tikaf pada awal ramadhan, pertengahan ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir ramadhan.

    7. Zakat fitrah

        Zakat fitrah wajib di bayar sebelum berakhir nya bulan ramadhan. umat islam baik laki-laki maupun perempuan wajib membayar zakat fitrah, tujuan nya untuk mensucikan diri orang yang berpuasa dan membantu orang yang fakir miskin yang kurang mampu.

itulah sunah-sunah pada saat bulan ramadhan. semoga bermanfaat untuk anda dan dapat anda kerjakan pada bulan ramadhan tahun ini dan tahun berikutnya aamiin.
wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment